Lanjutan ” PERSAHABATAN SEJATI ” ( 5 )

Dengan pelan-pelan SI MONYET menuju ke mulut goa yang nampak gelap. Setelah sampai di mulut goa, SI MONYET sangat terkejut, karena di dalam goa terdapat sebuah ruangan yang sangat luas. Perlahan-lahan ia memasuki ruangan goa tersebut. Semakin dalam ruangan tersebut terdengar suara tetesan air yang jatuh di sebuah genangan air. Rupanya dalam goa itu terdapat sebuah kolam yang di atas goa itu banyak tetes-tetes air. Sehingga suasana di dalam goa tersebut nampak seperti sebuah musik yang sangat apik. Walaupun suasana sangat menherankan SI MONYET, ia tetap melanjutkan ke ruangan goa yang lebih dalam. Dan di dalam goa bagian dalam ternyata benar kalau ada kolam yang sangat indah. Kolam tersebut airnya sangat jernih sehingga dasar kolam itu kelihatan dari permukaan air. Di dalam kolam banyak sekali ikan-ikan yang berenang dan menari dengan lincahnya. Ikan yang hidup di kolam itu berwarna-warnai. Tumbuhan enceng gondok juga hidup di permukaan air kolam itu. Karena goa tersebut sangat luas, maka suara yang ada di dalam goa itu berkumadang atau bergema.
MONYET memberanikan diri untuk turun ke kolam untuk meminum air, karena sangat haus. Setelah beberapa menit merasakan air kolam, tubuhnya merasa segar dan kuat kembali. Tiba-tiba ia melihat sebuah lampu menyala di sudut ruangan yang tidak jauh dari kolam itu.Maka ia melihat dengan seksama pada ruangan yang menyala lampunya. Ia sangat penasaran untuk mengetahui apa yang terjadi atau siapa yang yang menyalakan lampu itu. Sesampainya di dekat ruangan tersebut, ia melihat sebuah meja yang di atasnya ada lampu yang terbuat dari bambu.MONYET tetap waspada, agar kalau ada orang yang di dalam ruangan tidak bisa melihatnya.Tiba-tiba ada suara langkah kaki yang melangkah menuju ke meja dari dalam ruangan. “ Hah…….. di dalam goa yang luas ini ada manusia yang tinggal?, kata MONYET dalam hati. Orang yang keluar dari ruangan itu adalah seorang kakek yang berjenggot panjang dan berwarna putih. Rambut kakek itu juga sangat panjang. Pakaian kakek itu berwarna serba hitam. Tak lama kemudian kakek itu memanggil seseorang. “ Nak…..kemarilah, kakek ingin bicara! “ panggil kakek pada seseorang. “ Ya, kek….. ada apa ya.”, jawab orang itu. SI MONYET dengan tubh tanpa bergerak melihat dengan cermat tentang keadaan yang ada di dalam ruangan itu. Ia mendengar semua perbicaraan antara dua orang itu. Mereka membicarakan sebuah latihan beladiri. Rupanya kakek itu akan melatih pada cucunya tentang ilmu beladiri. Kakek menyebut tentang jurus-jurus yang ada pada beladiri, jurus yang akan diajarkan oleh kakek pada cucunya adalah “ Jurus Monyet” .Mendengar kata itu hati MONYET sangat kaget dan bingung. Di dalam hatinya ia akan berniat membantu kakek untuk memberikan jurus monyet pada cucunya. “Tapi apakah mereka akan meneri saya? ,Tapi untuk apa saya harus membantu kakek dan anak itu, karena saya harus mencari dnau yang airnya merah? “, kata MONYET dalam hati.
Namun pikiran itu selalu menganggau pada MONYET.Lama-lama MONYET itu tertidur dalam ruangan goa yang tidak kelihatan oleh kakek dan cucunya.HIngga pagi hari MONYET itu baru sadar kalau telah tertidur pulas di dalam ruangan goa. Ia terbangun karena sinar matahari dari atas goa telah mengenai matanya. Ia membuka matanya dan langsung mrelihat kea rah ruangan yang semalam dipergunakan oleh mereka untuk berbincang-bincang. Tetapi ruangan itu telah kosong. “ Kemana mereka, apakah kehadiran saya di goa ini telah diketahuinya? “, kata MONYET dalam hati. Karena tujuan utama masuk ke dalam goa adalah istirahat sambil menunggu pagi, maka ia langsung berniat untuk keluar dari goa untuk meneruskan perjalannnya mencari danau, seperti tujuan utama. Namun baru saja melangkahkan kakinya sekitar 20 langkah, ia dikejutkan oleh suara yang langkah kaki dari pintu goa. Ia segera bersembunyi di balik batu yang ada di dalam goa. Sambil bersembunyi, ia mengawasi gerak-gerik kakek dan cucunya yang sedang berjalan menuju ke dalam ruangan goa. MONYET nyakin kalau mereka tidak akan melihatnya. Apakah mereka melihat atau bahkan menangkapnya? Tunggu kisah selanjutnya ……………………………

Tentang petrussupriyanatarki

Saya adalah seorang guru, yang sangat mencintai seni.Saya pernah kuliah di IKIP Yogya jurusan seni, beberapa kali menjuarai kejuaraan dalam bidang seni. Saya juga suka menulis puisi.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s